Jumat, 30 Desember 2016

Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik


Pertumbuhan adalah perubahan secara fisiologis sebagai hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi fisik yang berlangsung secara normal pada anak yang sehat pada waktu yang normal. Pertumbuhan dapat juga diartikan sebagai proses transmisi dari konstitusi fisik (keadaan tubuh atau keadaan jasmaniah) yang herediter dalam bentuk proses aktif secara berkesinambungan. Jadi, pertumbuhan berkaitan dengan perubahan kuantitatif yang menyangkut peningkatan ukuran dan struktur biologis. ( Hosnan, 2015: 16).
Perkembangan adalah serangkaian perubahan progresif yang terjadi sebagai akibat dari proses kematangan dan pengalaman (E.B Hurlock), bekerja dalam suatu proses perubahan yang berkenaan dengan aspek-aspek fisik dan psikhis atau perubahan tingkah laku dan kemampuan sepanjang prosese perkembangan individu mulai dari massa konsepsi sampai mati.  Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa pertumbuhan merupakan proses fungsi-fungsi fisik yang berlangsung secara normal. Sedangkan perkembangan yaitu serangkaian perubahan progresif akibat prosese kematangan dan pengalaman. Berikut  ini adalah beberapa hal yang mendasari pentingnya mengetahui pertumbuhan dan perkembangan peserta didik :
a. Masa Perkembangan yang Cepat
Pada anak terjadi pertumbuhan-pertumbuhan yang cepat seperti perubahan fisik, interaksi sosial, penggunaan bahasa, kemampuan mengingat serta berbagai fungsi lainnya.
b. Pengaruh yang Lama
Peristiwa-peristiwa dan pengalaman pada tahun awal menunjukan pengaruh yang dan kuat terhadap perkembangan individu pada masa-masa berikutnya. Kebanyakan ahli psikologi berpendapat bahwa apa yang terjadi saat ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak.
c. Proses yang kompleks
Sebagai peneliti yang mencoba memahami prilaku orang dewasa yang kompleks, berpendapat bahwa mengkaji tentang bagaimana perilaku itu pada saat masih sederhana akan sangat berguna. Manusia dapat berkomunikasi dari cara yang sederhana sampai yang kompleks karena bahasa yang digunakan mengikuti aturan-aturan tertentu.
d. Nilai yang diterapkan
Penelitian tentang tahap awal perkembangan sosial secara relevan berkaitan dengan orangtua tentang perannya dalam kehidupan sehari-hari, percobaan tentang strategi pemecahan masalah pada anak akan memberikan informasi berharga tentang metode belajar yang baik.
e. Masalah yang menarik

Banyak hal-hal yang berkaitan dengan perkembangan anak yang merupakan misteri yang menarik. Dalam hal ini ilmu pengetahuan lebih banyak menjumpai pertanyaan-pertanyaan dari pada jawabannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar