Kamis, 29 Desember 2016

kematangan dan Perkembangan Pengalaman Peserta Didik


Perkembangan  yang di alami peserta didik membawa mereka kea rah kematangan. Kematangan ini akan tercapai jika sudah menemukan pegangan atau nilai-nilai yang mereka cari, yaitu menjelang berakhirnya masa remaja atau mulainya dewasa. Kematangan fisik atau jasmani terjadi setelah berhentinya pertumbuhan yang terjadi dengan pesat. Kematangan social ditandai oleh sikap social yang mantap sebagai anggota masyarakat. Kematangan emosional ditandai oleh stabilnya emosi. Namu, usia untuk mencapai kematangan ini berbeda-beda , ada anak yang cepat matang dan ada juga yang sangat lambat. Kaum interaksionis mempercayai bahwa hampir semua kualitas fisik dan psikis individu merupakan hasil dari pengaruh pembawaan dan lingkungan. Misalnya :
§  Tinggi badan anak tergantung kepada rancangan genetic yang diturunkan dari orang tuanya (pembawaan)
§  Tinggi badan anak tergantung pada gizi dan latihan yang diperoleh selama proses pertumbuhan (lingkungan)
§  Perkembangan kognisi anak tergantung kepada taraf intelegensi yang dimiliki (pembawaan)
§  Anak hanya akan belajar bahasa yang di dengarnya (lingkungan).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar