Pendekatan Longitudinal,
Tranversal, Sekuensial, Lintas Budaya
§ Pendekatan
Longitudinal adalah pendekatan dalam penelitian yang dilakukan dengan cara menyelidiki
perkembangan manusia dalam jangka waktu yang lama atau sebagian waktu dari
hidup manusia tersebut, misalnya mengikuti perkembangan seseorang dari lahir
sampai akhir hidupnya atau sebagian dari hidupnya.
§ Pendekatan
Transversal adalah pendekatan dalam penelitian yang dilakukan dengan cara
menyelidiki perkembanagn manusia dari beberapa kelompok dalam jangka waktu yang
relatif singkat.
§ Pendekatam
Sekuensial adalah pendekatan kombinasi dari longitudinal dan pendekatan
transversal.
§ Pendekatan
Lintas Budaya adalah pendekatan dalam penelitian yang mempertimbangkan
faktor-faktor lingkungan maupun kebudayaan yang dapat memengaruhi perkembangan
manusia.
Teori Kebutuhan Peserta Didik
§ Kebutuhan
Fisiologis : kebutuhan yang paling mendasar untuk mempertahankan kehidupan
fisiknya, seperti kebutuhan akan makanan, minuman, tempat tinggal, seks, tidur,
dan oksigen.
§ Kebutuhan
Akan Rasa Aman : rasa aman fisik, stabilitas, ketergantungan, perlindungan dan
kebebasan dari daya-daya mengancam (perang, terorisme, penyakit, takut, cams,
bahaya, kerusuhan, dan bencana alam).
§ Kebutuhan
Dicintai dan Disayangi : dorongan untuk bersahabat, keinginan memiliki pasangan
dan keturunan, dekat pada keluarag dan antarpribadi seperti kebutuhan untuk
memberi dan menerima cinta.
§ Kebutuhan
Akan Penghargaan : kebutuhan rendah (menghormati orang lain, status, ketenaran,
kemuliaan, pengakuan, perhatian, reputasi, apresiasi, martabat, bahkan
dominasi) dan kebutuhan tinggi (keyakinan, prestasi, kompetensi, penguasaan,
kemandirian, dan kebebasan).
§ Kebutuhan
Akan Aktulisasi Diri : kebutuhan yang tidak melibatkan keseimbangan, tetapi
melibatkan keinginan yang terus-menerus untuk memenuhi potensi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar