Jumat, 30 Desember 2016

Pendekatan Longitudinal, Tranversal, Sekuensial, Lintas Budaya dan Teori Kebutuhan Peserta Didik


Pendekatan Longitudinal, Tranversal, Sekuensial, Lintas Budaya
§  Pendekatan Longitudinal adalah pendekatan dalam penelitian yang dilakukan dengan cara menyelidiki perkembangan manusia dalam jangka waktu yang lama atau sebagian waktu dari hidup manusia tersebut, misalnya mengikuti perkembangan seseorang dari lahir sampai akhir hidupnya atau sebagian dari hidupnya.
§  Pendekatan Transversal adalah pendekatan dalam penelitian yang dilakukan dengan cara menyelidiki perkembanagn manusia dari beberapa kelompok dalam jangka waktu yang relatif singkat.
§  Pendekatam Sekuensial adalah pendekatan kombinasi dari longitudinal dan pendekatan transversal.
§  Pendekatan Lintas Budaya adalah pendekatan dalam penelitian yang mempertimbangkan faktor-faktor lingkungan maupun kebudayaan yang dapat memengaruhi perkembangan manusia.
Teori Kebutuhan Peserta Didik
§  Kebutuhan Fisiologis : kebutuhan yang paling mendasar untuk mempertahankan kehidupan fisiknya, seperti kebutuhan akan makanan, minuman, tempat tinggal, seks, tidur, dan oksigen.
§  Kebutuhan Akan Rasa Aman : rasa aman fisik, stabilitas, ketergantungan, perlindungan dan kebebasan dari daya-daya mengancam (perang, terorisme, penyakit, takut, cams, bahaya, kerusuhan, dan bencana alam).
§  Kebutuhan Dicintai dan Disayangi : dorongan untuk bersahabat, keinginan memiliki pasangan dan keturunan, dekat pada keluarag dan antarpribadi seperti kebutuhan untuk memberi dan menerima cinta.
§  Kebutuhan Akan Penghargaan : kebutuhan rendah (menghormati orang lain, status, ketenaran, kemuliaan, pengakuan, perhatian, reputasi, apresiasi, martabat, bahkan dominasi) dan kebutuhan tinggi (keyakinan, prestasi, kompetensi, penguasaan, kemandirian, dan kebebasan).
§  Kebutuhan Akan Aktulisasi Diri : kebutuhan yang tidak melibatkan keseimbangan, tetapi melibatkan keinginan yang terus-menerus untuk memenuhi potensi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar