Pembelajaran
dengan pendekatan saintifik adalah pembelajaran yang terdiri atas kegiatan
mengamati (untuk mengidentifikasi hal-hal yang ingin diketahui), merumuskan
pertanyaan (dan merumuskan hipotesis), mencoba/mengumpulkan data (informasi)
dengan berbagai teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi)
dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari
kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Langkah-langkah tersebut dapat dilanjutkan dengan kegiatan mencipta.
Kurikulum
2013 mengembangkan sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan
peserta didik. (Permendikbud
Nomor 54/2013) Bagaimana Kurikulum 2013 memfasilitasi peserta didik memperoleh
nilai-nilai, pengetahuan, dan keterampilan secara berimbang?, bagaimana proses
pembelajaran dilaksanakan?
Prinsip-prinsip
kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik kurikulum 2013, yakni :
§ peserta
didik difasilitasi untuk mencari tahu;
§ peserta
didik belajar dari berbagai sumber belajar;
§ proses
pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah;
§ pembelajaran
berbasis kompetensi;
§ pembelajaran
terpadu;
§ pembelajaran
yang menekankan pada jawaban divergen yang memiliki kebenaran multi dimensi;
§ pembelajaran
berbasis keterampilan aplikatif;
§ peningkatan
keseimbangan, kesinambungan, dan keterkaitan antara hard-skills dan
soft-skills;
§ pembelajaran
yang mengutamakan pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik sebagai pembelajar
sepanjang hayat;
§ pembelajaran
yang menerapkan nilai-nilai dengan memberi keteladanan (Ing Ngarso Sung
Tulodo), membangun kemauan (Ing Madyo Mangun Karso), dan mengembangkan
kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran (Tut Wuri Handayani);
§ pembelajaran
yang berlangsung di rumah, di sekolah, dan di masyarakat;
§ pemanfaatan
teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas
pembelajaran;
§ pengakuan
atas perbedaan individualdan latar belakang budaya peserta didik; dan
§ suasana
belajar menyenangkan dan menantang.
Berikut
contoh kegiatan belajar dan deskripsi langkah-langkah pendekatan saintifik pada
pembelajaran kurikulum 2013 adalah:
§ Mengamati:
membaca, mendengar, menyimak, melihat (tanpa atau dengan alat) untuk
mengidentifikasi hal-hal yang ingin diketahui - Mengamati dengan indra
(membaca, mendengar, menyimak, melihat, menonton, dan sebagainya) dengan atau
tanpa alat.
§ Menanya:
mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang tidak dipahami dari apa yang diamati
atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati -
Membuat dan mengajukan pertanyaan, tanya jawab, berdiskusi tentang informasi
yang belum dipahami, informasi tambahan yang ingin diketahui, atau sebagai
klarifikasi.
§ Mencoba/mengumpulkan
data (informasi): melakukan eksperimen, membaca sumber lain dan buku teks,
mengamati objek/kejadian/aktivitas, wawancara dengan narasumber -
Mengeksplorasi, mencoba, berdiskusi, mendemonstrasikan, meniru bentuk/gerak,
melakukan eksperimen, membaca sumber lain selain buku teks, mengumpulkan data
dari nara sumber melalui angket, wawancara, dan memodifikasi/
menambahi/mengembangkan.
§ Mengasosiasikan/mengolah
informasi: SISWA mengolah informasi yang sudah dikumpulkan baik terbatas dari
hasil kegiatan mengumpulkan/eksperimen mau pun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi - mengolah informasi yang sudah
dikumpulkan, menganalisis data dalam bentuk membuat kategori, mengasosiasi atau menghubungkan fenomena/informasi yang terkait
dalam rangka menemukan suatu pola, dan menyimpulkan.
§ Mengkomunikasikan:
SISWA menyampaikan hasil pengamatan, kesimpulan berdasarkan hasil analisis
secara lisan, tertulis, atau media lainnya - menyajikan laporan dalam bentuk
bagan, diagram, atau grafik; menyusun laporan tertulis; dan menyajikan laporan
meliputi proses, hasil, dan kesimpulan secara lisan.
§ (Dapat
dilanjutkan dengan) Mencipta: Siswa menginovasi, mencipta, mendisain model,
rancangan, produk (karya) berdasarkan pengetahuan yang dipelajari.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar