Kamis, 29 Desember 2016

Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Peserta Didik

Aspek aspek yang membatu perkembangan peserta didik ada 7, yaitu:

1. Pertumbuhan Fisik
Merupakan proses perubahan menjadi lebih besar dan lebih panjang dan terjadi sejak anak sebelum lahir hingga dewasa.
Pertumbuhan sebelum lahir
Masa sebelum lahir merupakan pertumbuhan dan perkembangan manusia yang sangat kompleks, karena pada masa itu merupakan sebuah awal terbentuknya organ-organ tubuh dan tersusun jaringan syaraf yang membentuk system syaraf yang lengkap .

Pertumbuhan setelah lahir
Pertumbuhan fisik setelah kelahiran yang akan menyempurnakan struktur dan fungsi dari dimensi fisik peserta didik , yang dimaksud dengan perkembangan fisik adalah perubahan-perubahan pada tubuh, otak, kapasitas sensoris dan ketrampilan motorik. Perubahan pada tubuh ditandai dengan pertambahan tinggi dan berat tubuh, pertumbuhan tulang dan otot, dan kematangan organ seksual dan fungsi reproduksi.

2. Perkembangan intelektual
Perkembangan intelektual anak sangat tergantung pada berbagai faktor utama, antara lain kesehatan gizi, kebugaran jasmani, pergaulan dan pembinaan orang tua. Akibat terganggunya perkembangan intelektual tersebut anak kurang dapat berpikir operasional, tidak memiliki kemampuan mental dan kurang aktif dalam pergaulan maupun dalam berkomunikasi dengan teman-temannya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan kognisi peserta didik antara lain:
§  Kondisi organ penginderaan sebagai saluran yang dilalui pesan indera dalam perjalanannya ke otak (kesadaran).
§  Intelegensi mempengaruhi kemampuan anak untuk mengerti dan memahami sesuatu.
§  Kesempatan belajar yang diperoleh anak.
§  Tipe pengalaman yang didapat anak secara langsung akan berbeda jika anak mendapat pengalaman secara tidak langsung dari orang lain atau informasi dari buku.
§  Jenis kelamin karena pembentukan konsep anak laki-laki atau perempuan telah dilatih sejak kecil dengan cara yang sesuai dengan jenis kelamin.
§  Kepribadian pada anak dalam memandang kehidupan dan menggunakan suatu kerangka acuan berinteraksi dengan orang lain dan lingkungan. Perkembangan intelektual / kognitif / intelegensi adalah perubahan kemampuan mental seperti belajar, memori, menalar, berpikir, dan bahasa. Piaget (dalam Papalia & Olds, 2001) mengemukakan bahwa pada masa remaja terjadi

3. Emosi
Emosi dan perasaan merupakan salah satu potensi yang khusus dimiliki oleh manusi dalam hidupnya atau dalam pertumbuhannya dan perkembangan manusia . Emosi merupakan gejala perasaan yang disertai dengan perubahan dan perilaku fisik. Seperti marah yang ditunjukan dengan suara keras dan gembira melonjak-lonjak sambir tertawa lebar .

4. Sosial
Manusia sebagai makhluk social yang dalam keadaannya tentu tidak dapat hidup tanpa bantuan dari orang lain, oleh karena itu mulai dari seorang bayi hingga menjadi seorang anak yang dewasa, akan bertahap mengenal lingkungan yang lebih luas dan akan mengenal banyak manusia yang heterogen, namun pada umumnya setiap anak akan lebih tertarik bergaul pada teman sebaya nya yang sama jenis .

5. Bahasa
Bahasa merupakan alat komunikasi yang juga dapat di artikan sebagai tanda, gerakan, dan suara untuk menyampaikan isi pikiran kepada orang lain, dengan demikian dalam berbahasa ada dua pihak yang terlibat, yaitu pihak penyampai dan pihak penerima.

6. Bakat Khusus
            Bakat merupakan kemampuan tertentu yang dimiliki oleh seorang individu yang hanya dengan rangsangan atau dengan sedikit latihan, kemampuan itu akan dapat berkembang dengan baik , karena dalam proses pendidikan bakat merupakan faktor penting untuk mendapatkan perhatian. Seseorang yang memiliki bakat akan cepat dapat di amati, sebab kemampuan yang dimiliki akan berkembang dengan pesat dan menonjol.

7. Sikap, Nilai, Moral
            Bloom (woolfolk dan Nicolich, 1984) mengemukakan bahwa tujuan akhir dari proses pembelajaran dikelompokkan menjadi 3 sasaran yaitu : kognitif, afektif dan psikomotorik. Semakin tumbuh dan berkembang fisik dan psikisnya, anak mulai dikenalkan terhadap nilai-nilai, dan ditunjukkan hal-hal yang benar dan salah . Menurut Piaget, pada awalnya pengenalan nilai dan perilaku serta tindakan itu masih bersifat “paksaan” dan belum mengetahui maknanya.

Faktor yang mempengaruhi perkembangan individu yaitu : faktor hereditas yaitu faktor bawaan yang dibawa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar