Aspek
aspek yang membatu perkembangan peserta didik ada 7, yaitu:
1.
Pertumbuhan Fisik
Merupakan
proses perubahan menjadi lebih besar dan lebih panjang dan terjadi sejak anak
sebelum lahir hingga dewasa.
Pertumbuhan
sebelum lahir
Masa
sebelum lahir merupakan pertumbuhan dan perkembangan manusia yang sangat
kompleks, karena pada masa itu merupakan sebuah awal terbentuknya organ-organ
tubuh dan tersusun jaringan syaraf yang membentuk system syaraf yang lengkap .
Pertumbuhan
setelah lahir
Pertumbuhan
fisik setelah kelahiran yang akan menyempurnakan struktur dan fungsi dari
dimensi fisik peserta didik , yang dimaksud dengan perkembangan fisik adalah
perubahan-perubahan pada tubuh, otak, kapasitas sensoris dan ketrampilan
motorik. Perubahan pada tubuh ditandai dengan pertambahan tinggi dan berat
tubuh, pertumbuhan tulang dan otot, dan kematangan organ seksual dan fungsi
reproduksi.
2.
Perkembangan intelektual
Perkembangan
intelektual anak sangat tergantung pada berbagai faktor utama, antara lain
kesehatan gizi, kebugaran jasmani, pergaulan dan pembinaan orang tua. Akibat
terganggunya perkembangan intelektual tersebut anak kurang dapat berpikir
operasional, tidak memiliki kemampuan mental dan kurang aktif dalam pergaulan
maupun dalam berkomunikasi dengan teman-temannya. Ada beberapa faktor yang
mempengaruhi perkembangan kognisi peserta didik antara lain:
§ Kondisi
organ penginderaan sebagai saluran yang dilalui pesan indera dalam
perjalanannya ke otak (kesadaran).
§ Intelegensi
mempengaruhi kemampuan anak untuk mengerti dan memahami sesuatu.
§ Kesempatan
belajar yang diperoleh anak.
§ Tipe
pengalaman yang didapat anak secara langsung akan berbeda jika anak mendapat
pengalaman secara tidak langsung dari orang lain atau informasi dari buku.
§ Jenis
kelamin karena pembentukan konsep anak laki-laki atau perempuan telah dilatih
sejak kecil dengan cara yang sesuai dengan jenis kelamin.
§ Kepribadian
pada anak dalam memandang kehidupan dan menggunakan suatu kerangka acuan
berinteraksi dengan orang lain dan lingkungan. Perkembangan intelektual /
kognitif / intelegensi adalah perubahan kemampuan mental seperti belajar,
memori, menalar, berpikir, dan bahasa. Piaget (dalam Papalia & Olds, 2001)
mengemukakan bahwa pada masa remaja terjadi
3.
Emosi
Emosi
dan perasaan merupakan salah satu potensi yang khusus dimiliki oleh manusi
dalam hidupnya atau dalam pertumbuhannya dan perkembangan manusia . Emosi
merupakan gejala perasaan yang disertai dengan perubahan dan perilaku fisik.
Seperti marah yang ditunjukan dengan suara keras dan gembira melonjak-lonjak
sambir tertawa lebar .
4.
Sosial
Manusia
sebagai makhluk social yang dalam keadaannya tentu tidak dapat hidup tanpa
bantuan dari orang lain, oleh karena itu mulai dari seorang bayi hingga menjadi
seorang anak yang dewasa, akan bertahap mengenal lingkungan yang lebih luas dan
akan mengenal banyak manusia yang heterogen, namun pada umumnya setiap anak
akan lebih tertarik bergaul pada teman sebaya nya yang sama jenis .
5.
Bahasa
Bahasa
merupakan alat komunikasi yang juga dapat di artikan sebagai tanda, gerakan,
dan suara untuk menyampaikan isi pikiran kepada orang lain, dengan demikian
dalam berbahasa ada dua pihak yang terlibat, yaitu pihak penyampai dan pihak
penerima.
6.
Bakat Khusus
Bakat merupakan kemampuan tertentu
yang dimiliki oleh seorang individu yang hanya dengan rangsangan atau dengan
sedikit latihan, kemampuan itu akan dapat berkembang dengan baik , karena dalam
proses pendidikan bakat merupakan faktor penting untuk mendapatkan perhatian.
Seseorang yang memiliki bakat akan cepat dapat di amati, sebab kemampuan yang
dimiliki akan berkembang dengan pesat dan menonjol.
7.
Sikap, Nilai, Moral
Bloom (woolfolk dan Nicolich, 1984)
mengemukakan bahwa tujuan akhir dari proses pembelajaran dikelompokkan menjadi
3 sasaran yaitu : kognitif, afektif dan psikomotorik. Semakin tumbuh dan
berkembang fisik dan psikisnya, anak mulai dikenalkan terhadap nilai-nilai, dan
ditunjukkan hal-hal yang benar dan salah . Menurut Piaget, pada awalnya
pengenalan nilai dan perilaku serta tindakan itu masih bersifat “paksaan” dan
belum mengetahui maknanya.
Faktor
yang mempengaruhi perkembangan individu yaitu : faktor hereditas yaitu faktor
bawaan yang dibawa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar