Makna “perbedaan” dan “perbedaan
individual” menurut Lindgren (1980), menyangkut variasi yang terjadi, baik
variasi pada aspek fisik maupun psikologis. Gerry (1963) dalam buku
perkembangan peserta didik karya Sunarto dan B. Agung Hartono mengategorikan
perbedaan individual seperti berikut:
§ Perbedaan
fisik, tingkat dan berat badan, jenis kelamin, pendengaran, penglihatan, dan
kemampuan bertindak.
§ Perbedaan
sosial termasuk status ekonomi, agama, hubungan keluarga, dan suku.
§ Perbedaan
kepribadian termasuk watak, motif, minat, dan sikap.
§ Perbedaan
inteligensi dan kemampuan dasar.
§ Perbedaan
kecakapan atau kepandaian di sekolah.
Dari
beberapa pengertian di atas maka dapat kita peroleh bahwa perbedaan individual
adalah hal-hal yang berkaitan dengan “psikologi pribadi” yang menjelaskan
perbedaan psikologis maupun fisik antara orang-orang serta berbagai
persamaannya.
Jenis
perbedaan lainnya meliputi berikut ini :
1.
Perbedaan Kognitif
Kemampuan
kognitif merupakan kemampuan yang berkaitan dengan penguasaan ilmu pengetahuan
dan teknologi. Setiap orang memiliki persepsi tentang hasil pengamatan atau
penyerapan atas suatu obyek. Yang berarti ia menguasai segala segala sesuatu
yang di ketahui, dalam arti dirinya terbentuk suatu persepsi, dan pengetahuan
itu diorganisasikan secara sistematik untuk menjadi miliknya.
2.
Perbedaan Kecakapan Berbahasa
Bahasa
merupakan salah satu kemampuan individu yang sangatpenting dalam kehidupan.
Kemampuan tiap individu dalam berbahasa berbeda-beda. Kemampuan berbahasa
merupakan kemampuan seseorang untuk menyatakan pemikirannya dalam bentuk
ungkapan kata dan kalimat yang penuh makna, logis, dan sistematik. Kemampuan
berbahasa sangat di pengaruhi oleh faktor kecerdasan dan faktor lingkungan
serta faktor fisik( organ bicara).
3.
Perbedaan Kecakapan Motorik
Kecakapan
motorik atau kemampuan psiko-motorik merupakan kemampuan untuk melakukan
koordinasi gerakan syarat motorik yang dilakukan oleh syaraf pusat untuk
melakukan kegiatan.
4.
Perbedaan Latar Belakang
Perbedaan
latar belakang dan pengalaman mereka masing-masing dapat memperlancar atau
memperhambat prestasinya, terlepas dari potensi untuk menguasai bahan.
5.
Perbedaan Bakat
Bakat
merupakan kemampuan khusus yang dibawa sejak lahir. Kemampuan tersebut akan
berkebang dengan baik apabila mendapatkan rangsangan dan pemupukan secara tepat
sebaliknya bakat tidak berkembang sama, maka lingkungan tidak memberikan
kesempatan untuk berkembang., dalam arti ada rangsangan dan pemupukan yang
menyentuhnya.
6.
Perbedaan Kesiapan Belajar
Perbedaan
latar belakang, yang meliputi perbedaan sosio-ekonomi, sosio-cultural, amat
penting artinyabagi perkembangan anak. Akibatnya anak-anak pada umur yang sama
tidak selalu berada pada tingkat persiapan yang sama dalam menerima pengaruh dari
luar yang lebih luas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar