DAMPAK
POSITIF
§ Kompetensi
lulusan: Adanya peningkatan dan keseimbangan soft skills dan hard skills yang
meliputi aspek kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Analisanya
bahwa dalam draft kurikulum 2013, nampak jelas bahwa dari tiga domain
pendidikan yang ada, secara tegas terlihat adanya penekanan perhatian terhadap
peningkatan proporsi 2 domain yang selama ini kurang berkembang dalam diri
siswa yaitu domain afektif dan domain psikomotorik. Analisa ini sekaligus
diperkuat pada cara pengetikan domain kognitif dalam draft bahan uji publik
kurikulum 2013, yang sengaja diletakkan dibelakan kedua domain ini. Ini berarti
bahwa kurikulum 2013 secara serius mengupayakan perubahan keseimbangan proporsi
pengembangan ketiga domain tersebut dalam pembelajaran.
§ Kedudukan
mata pelajaran: Kompetensi yang semula diturunkan dari matapelajaran berubah
menjadi matapelajaran dikembangkan dari kompetensi.
§ Jumlah
matapelajaran dari 12 menjadi 10. Dalam hal ini mata pelajaran TIK, Muatan
Lokal, dan “Pengembangan Diri” diintegrasikan ke dalam mata pelajaran dan
kegiatan lain. Sehingga tidak lagi ditemukan di struktur kurikulum 2013,
sementara itu dimunculkan satu mata pelajaran baru dengan nama Prakarya.
§ TIK
menjadi media semua mata pelajaran. Hal ini menjelaskan bahwa mata pelajaran
TIK sesungguhnya tidak “dilenyapkan” seperti kekhawatiran beberapa pihak, namun
diintegrasikan pada setiap pelajaran pada saat setiap guru menyajikan
pembelajarannya. Kendala yang bisa muncul disini adalah faktor rendahnya
kemampuan guru dalam memanfaatkan ICT dan kekurangtersediaannya fasilitas ICT
di sekolah.
§ Mata
pelajaran Muatan lokal, bisa terintegrasi ke dalam mata pelajaran Penjasorkes,
Seni budaya, dan Prakarya dan Budidaya.
§ IPA
dan IPS masing-masing tetap diajarkan secara terpadu. IPA dan IPS dikembangkan
sebagai mata pelajaran integrative science danintegrative social studies, bukan
sebagai pendidikan disiplin ilmu. Keduanya sebagai pendidikan berorientasi
aplikatif, pengembangan kemampuan berpikir, kemampuan belajar, rasa ingin tahu,
dan pembangunan sikap peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan alam dan
sosial.
§ Pendidikan
Kewarganegaraan (PKn) menjadi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).
§ Bahasa
Inggris diajarkanuntuk membentuk keterampilan berbahasa
§ Pengembangan
diri terintegrasi pada setiap matapelajaran dan ekstrakurikuler.
DAMPAK
NEGATIF
§ Kurikulum
dibuat tidak melalui riset dan evaluasi yang mendalam
§ Memberatkan
siswa, karena jam pelajaran ditambah padahal siswa mempunyai batas maksimal
waktu konsentrasi dalam belajar
§ Ketidaksiapan
guru karena terkesan mendadak, tematik lebih cocok diterapkan di kelas dasar,
tidak memperhatikan konteks sosiologis keindonesiaan.
§ Jumlah
jam yang terlalu banyak
§ Kendala
tematik di kelas lanjut, ciri khas ke Indonesiaan direduksi dalam mulok (hanya
beberapa daerah), afektif dan psikomotor tidak dibarengi dengan fasilitas yang
memadai, dan justru struktur kurikulum menimbulkan potensi masalah yang besar.
terutama dengan dihapuskannya matpel TIK, dan pelajaran lainnya dalam kurikulum
2013.
§ Penyiapan
guru membutuhkan waktu yang lama. Tidak hanya sekali atau dua kali pelatihan
saja
§ Dalam
perubahan kurikulum dengan langkah pemerintah yg tergesa-gesa ini , harusnya
tidak memberatkan dan meresahkan masyarakat terkait implementasi di lapangan
nanti.
§ Terforsirnya
waktu siswa disekolah untuk belajar dan mengikuti ekstrakurikuler2 yang
diwajibkan dalam ketentuan Kurikulum 2013
§ Dalam
kurikulum 2013, guru tidak lagi diwajibkan untuk membuat sillabus atau bahan
ajar. Ini berbeda dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang
sebelumnya diterapkan. guru hanya akan seperti robot karena semua sudah
disiapkan pemerintah sehingga dapat menumpulkan kreativitas para guru
§ Guru
seakan terpaku pada isi buku panduan tersebut karena apa yang akan diajarkan
hingga rancangan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sudah diatur di dalamnya.
Dengan segala sesuatunya sudah disiapkan, guru hanya tinggal melaksanakan dan
seolah hanya menjalankan tugas sesuai pakem tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar