Berikut
ini adalah ciri-ciri guru yang efektif menurut Gary A. Davis dan Margaret A. Thomas
(1989) telah dikelompokkan kedalam 4 kelompok besar, yaitu sebagai berikut :
1) Memiliki kemampuan yang terkait
dengan iklim belajar di kelas, dengan rincian:
a. memiliki keterampilan antar personal,
empati, penghargaan pada siswa dan ketulusan,
b. Hubungan baik dengan siswa,
c. mampu menerima, mengakui dan mem[perhatikan
siswa secara tulus,
d. menunjukan minat dan antusias tinggi
dalam mengajar,
e. mampu menciptakan atmosfir untuk
tumbuhnya kerjasama antar kelompok siswa,
f. mampu melibatkan siswa dalam
organisasi pembelajaran,
g. Mampu mendengarkan siswa dan
menghargai hak siswa,
h.
mampu meminimalkan friksi-friksi di kelas
2) Memiliki kemampuan yang terkait
dengan strategi manajemen pembelajaran:
a, kemampuan untuk menghadapi dan
menangani siswa yang tidak memiliki perhatian, suka menyela,
b.
mampu bertanya/memberi tugas yang memerlukan cara berpikir yang berbeda untuk
siswa
3) Memilki kemampuan yang terkait dengan
pemberian umpan balik (feedback) dan penguatan:
a. mampu memberikan umpan balik yang
positif,
b. Mampu memberikan respon yang membantu
siswa belajar,
c. mampu memberikan tindak lanjut
terhadap jawaban yang kuarang memuaskan,
d.
mampu memberikan bantuan profesional kepada siswa jika di butuhkan
4) Memilki kemampuan yang terkait dengan
peningkatan diri:
a. mampu menerapkan kurikulum dan metode
belajar yang inovatif,
b. mampu memperluas dan menambah wawasan
pengetahuan mengenai metode pembelajaran,
c. Mampu memanfaatkan perencanaan guru
secara berkelompok untuk mencipotakan dan mengembangkan metode pembelajaran
yang relevan.
( sumber : Buku Menjadi Guru Profesional
(2012)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar